SYARAT PENDAFTAR PROGRAM S2 MAGISTER MANAJEMEN:
- Mempunyai ijazah S1 atau DIV.
- Mempunyai IPK S1 sebagai berikut:
≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B.
Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke DIKTI. Apabila dokumen Akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut. - Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
- Mempunyai nilai tes kemampuan Potensi Akademik dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat. Nilai Tes Potensi Akademik beserta sertifikat yang dapat digunakan adalah:
- Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) dari UGM yang masih berlaku dengan skor minimal 500, atau;
- Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI yang masih berlaku dengan skor minimal 500.
- Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat. Nilai kemampuan bahasa Inggris beserta sertifikat yang dapat digunakan adalah:
- Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM yang masih berlaku dengan skor minimal 209, atau;
- Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI yang masih berlaku dengan skor minimal 41.
PROSEDUR PENDAFTARAN
Calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran dengan menyerahkan berkas pendaftaran hardcopy terlebih dahulu (download disini) ke bagian Admisi, Alumni, Humas, dan EDP Program MM FEB UGM sebelum pendaftaran secara online di um.ugm.ac.id dibuka.
Contoh/Prosedur Pendaftaran Online buka disini: Calon Mahasiswa Matrikulasi/Pra-MBA & Calon Mahasiswa Semester 1
- Membuat akun pendaftaran disini.
- Melakukan pendaftaran secara online disini.
- Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses. Pastikan bahwa dokumen yang di unggah sudah benar, karena kesalahan mengunggah dokumen tidak dapat diperbaiki/dibetulkan, pendaftar harus mendaftar dari awal dan membayar biaya pendaftaran lagi.
- Siapkan scan dokumen berikut dalam format *.pdf (kecuali dokumen foto dalam format *.jpg) dengan ukuran masing – masing minimal 150 kb dan maksimal 800 kb (file gambar dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), diunggah pada saat mendaftar secara online :
NO. | DOKUMEN |
1 | Pas foto resmi terbaru, berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera dengan latar belakang biru/merah |
2 | Ijazah asli dari jenjang S1 |
3 | Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 |
4 | Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan yang terakhir (akreditasi saat ini) dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku |
5 | Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs), atau Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI) asli dan masih berlaku |
6 | Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris asli dan masih berlaku. Sertifikat yang diakui adalah:
|
7 | Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik (jika program Reguler/Internasional) atau atasan langsung tempat kerja pelamar (jika program Eksekutif). Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif |
8 | Surat keterangan sehat dari dokter di puskesmas atau rumah sakit |
9 | Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (Download disini) |
10 | Surat izin belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (Download disini) |
- Pendaftar membayar biaya pendaftaran ke Kantor Cabang Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN atau Bank Syariah Mandiri (BSM). Pembayaran dilakukan maksimal 2 x 24 jam setelah dilakukan penguncian data (submit) pada saat daftar online. Apabila melewati batas waktu yang telah ditentukan, maka pendaftaran secara otomatis akan hangus, harus mengulang dari awal lagi.
- Saudara tidak perlu menggunakan nomor rekening tujuan, cukup memberitahukan kode bayar yang diperoleh setelah Saudara selesai melakukan pendaftaran online dan mengunci data (submit).
- Teller Bank akan mencatatkan data pembayaran ke Sistem Host To Host.
- Apabila transaksi berhasil dibukukan, teller akan memberikan bukti pembayaran biaya pendaftaran yang digunakan untuk mencetak bukti pendaftaran secara online di akun pendaftaran.
- Pendaftar yang belum mempunyai nilai TPA (PAPs) dan TBI (AcEPT) apabila akan ikut tes di MM FEB UGM sebaiknya langsung membayar biaya tes PAPS dan AcEPT melalui transfer ATM atau Mobile Banking ke nomor rekening berikut ini:
- Tes PAPs biaya Rp 200.000,- ke Bank BNI 46, Nomor Rekening: 98888 0207 416 0003 an. UGM FEB MM PENERIMAAN LAYANAN MM. (Kampus Yogyakarta).
- Tes PAPs biaya Rp 350.000,- ke Bank BNI 46, Nomor Rekening: 98888-0214-113-0644 an FEB UGM MM JKT TITIPAN PENDAFTARAN CALON MAHASISWA (Kampus Jakarta).
- Tes AcEPT biaya Rp 150.000,- ke Bank BNI 46, Nomor Rekening: 98888 0207 416 0003 an. UGM FEB MM PENERIMAAN LAYANAN MM (Kampus Yogyakarta).
- Tes AcEPT biaya Rp 350.000,- ke Bank BNI 46, Nomor Rekening: 98888-0214-113-0644 an FEB UGM MM JKT TITIPAN PENDAFTARAN CALON MAHASISWA (Kampus Jakarta).
- Biaya tes yang sudah ditransfer tidak dapat ditarik kembali apabila pendaftar membatalkan tes PAPs/AcEPT.